PENYULUHAN IKPAN SECARA VIRTUAL DALAM SITUASI PANDEMI

 PENYULUHAN IKPAN  SECARA VIRTUAL DALAM SITUASI PANDEMI 

Assalamualaikum, Apa kabar ? Semoga selalu baik dan dalam lindungan tuhan Aamiin.

Dalam rangka memberikan pengetahuan terkait Kenarkobaan, HIV/AIDS, Mental Health. UKM Ikatan Kader Penyuluhan Anti Narkoba mengadakan kegiatan yang diberi nama Talking - Talking Mengedukasi (TTM) yang dilakukan secara virtual. Acara yang di prakarsai oleh Divisi Pencegahan UKM IKPAN. Penyuluhan biasanya dilakukan secara offline dengan mengunjungi beberapa instansi pendidikan contohnya SMP dan SMA yang berada di daerah Surabaya, namun ketika terjadi situasi pandemi segala bentuk kegiatan harus dialihkan secara virtual, termasuk penyuluhan. Penyuluhan ini dilakukan Via Aplikasi ZOOM. Acara ini diikuti oleh hampir lebih 500 peserta dalam setiap temanya.

Kegiatan Talking-Talking Mengedukasi (TTM) diadakan secara berkala. Dimulai sejak tanggal 11 Oktober 2020 dan berakhir 6 Desember 2020. Dengan berbagai macam tema yang membuat antusias masyarakat untuk mendaftar pada acara TTM ini.

Mampukah Kita Menghadapi Toxic Circle di Era 4.0 merupakan  tema pertama yang diangkat dalam TTM virtual ini  dengan seorang pemateri Penyuluh BNNK Tuban yaitu Rizkiyatul Khairiyah, S.Sos di mana beliau menjelaskan tentang bagaimana kita menghadapi circle lingkungan kita yang toxic.

Isu mental health pada saat ini sering di bicarakan bahkan banyak sekali campaign virtual tentang isu kesehatan mental ini. Pada TTM ke-dua tema yang diangkat berkaitan dengan Kesehatan Mental yaitu A Pandemic Making Mental Health Worse, TAKE DRUGS?

Kebanyakan orang mungkin sudah tahu apa itu narkoba. Namun, banyak sekali yang belum tahu secara spesifik. Let's Get to Know Drugs merupakan tema TTM ke tiga pada kegiatan ini. Di mana membahas tentang seluk beluk narkoba.

Tema yang keempat juga tak kalah menarik, untuk mengetahui sejarah awal mula virus HIV/AIDS. Masih banyak masyarakat yang belum paham tentang apa itu HIV dan apa itu AIDS. Sehingga TTM ini pun mengupas tuntas hal tersebut.

Untuk TTM ke lima  membahas tentang Pentingnya Seks Edukasi pada Remaja dan yang ke enam membahas tentang Respon Pemerintah Indonesia terhadap ODHA dan HIV/AIDS.

Harapan adanya TTM ini, masyarakat bisa lebih memahami apa itu kenarkobaan, kesehatan mental, ataupun HIV/AIDS. Selain itu, semoga penyuluhan ini dapat menjadi jembatan informasi dan sarana bagi masyarakat yang lebih luas lagi agar UKM IKPAN dapat dikenal lebih banyak lagi oleh masyarakat umum.

Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca. 

Semoga Selalu Sehat, Tetap Produktif dan Tetap Semangat 

  IKPAN UINSA ------ SIAP BERSATU LAWAN NARKOBA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGUMUMAN LOLOS TAHAP INTERVIEW 2020

Berita Acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 2023 UKM IKPAN UINSA)

Berita Acara Raker IKPAN 2023